Minggu, 16 Oktober 2011

masak ddeokboki (tteokpoki)

tteokpoki
biasa nih, pengen ganyem, tapi ga tau mau ganyem apaan.. untungnya gw nyimpen tteok mentah di kulkas. jadilah gw mengolah si tteok ini jadi makanan bernama tteokpoki! salah satu makanan korea yang bisa gw masak dengan cukup jago. hahaha.. dulu sebenernya udah pernah nulis resep rappoki (ramyeon tteokpoki) di tumblr, tapi belom pernah nulis resep tteokpokinya.. jadi mau tulis disini aja deh! :D

Bahan-bahannya : tteok mentah (kalo di Bandung bisa dibeli di Korean Mart Jl Sukajadi seberangnya Resto Korean House, bawang bombay (1/2 aja), bawang putih (1 yg kecil, cincang halus), kol (secukupnya), daun bawang (secukupnya), gula (1 sdt), gochujang/pasta sambal (1sdm, sesuai selera, kalau mau pedes lagi ya banyakin aja), air (secukupnya) 
bawang bombay - kol - bawang putih - daun bawang
tteok mentah
gochujang 1 sendok aja. 
Mari memasak :
1. rebus air di teflon (bebas sih panci juga boleh, suka2 dah)
2. setelah mendidih masukkan gochujangnya, plus bawang putih.
3. masukkan bawang bombay, kol.
4. masukkan juga daun bawangnya.
5. masukkan tteoknya.
6. biarkan sampai tteok empuk.


siap dimakan!!! sebenernya bisa lebih merah dari ini sih, asal gochujangnya dibanyakin aja.. tapi berhubung gw ga kuat banget sama pedes, jadi ya merahnya segini aja..

this is it.. hot hot..
kebiasaan ngabisin sayur mayurnya dulu.. hihihi...
abis deh!!

2 komentar:

  1. sayang na g pecinta korea yang ga bisa makan pedes wakakkaka :) jadi mentok di BBQ ama Jjajangmyeaon aja wakakaka...

    BalasHapus
  2. yg bikin pedes gochujangnya doang.. kalo ga doyan pedes banget mah si gochujangnya seuprit aja.. :D

    gw pernah tuh nyobain jjajangmyeon instan, abis makan rasanya mau nangis, gak enak banget.. hahahaha...

    BalasHapus