Thursday, May 31, 2012

Soegija The Movie

Tanggal 7 Juni ini, bakal rilis sebuah film karya Garin Nugroho berjudul Soegija. Film ini diangkat dari kisah hidup seorang uskup pribumi pertama di Indonesia. Meskipun bercerita tentang uskup, dan tentunya bakal ada beberapa unsur Katolik di dalamnya, film ini bukan film yang terbatas ditonton untuk kalangan Katolik aja loh.. Siapapun boleh nonton, karena sesungguhnya isu yang diangkat di film ini isu kemanusiaan, dan kepemimpinan. jadi kalau ada yang anggap film ini tujuannya Kristenisasi.. hooo itu otaknya dicuci dulu ya.. oke oke..


Mari kenalan dulu sama Romo Kanjeng :
Monseigneur Albertus Soegijapranata SJ., atau lebih dikenal dengan Soegija. Lahir 25 November 1896 di Kampung Kepatihan Meten Surakarta. Putra kelima dari perkawinan Karjasoedarma dan Soepijah. Mereka adalah abdi dalem Kraton Surakarta.
Dari Surakarta, keluarga Karjasoedarmo pun pindah tempat tinggal ke Wirogunan, Yogyakarta. Soegija kecil sekolah di Sekolah Rakyat di Ngabean. Pindah lagi ke Sekolah Rakyat Pakualaman. Lalu pindah lagi ke HIS Wirogunan. Di HIS Wirogunan inilah, Soegija mengenal Rm F van Lith SJ., yang datang ke Yogyakarta untuk mencari murid yang mau melanjutkan sekolah di Muntilan.
Tahun 1909, Soegija masuk sekolah di Muntilan. Dan, pada 24 Desember 1909 Soegija dibaptis dengan nama permandian Albertus. Tahun 1910, Soegija melanjutkan sekolah di Kweekschool voor Javaanse Onderwijneers, sekolah ini baru saja dibuka waktu itu.
Soegija lulus ujian penghabisan di Kweekschool dan diangkat menjadi guru di sekolah tersebut pada tahun 1915. Setelah menjadi guru, tahun 1916, Soegija menyatakan keinginannya untuk menjadi seorang imam.
Tahun 1919, Soegija Berangkat ke Belanda untuk belajar di Gymnasium, Leiden yang diasuh para imam ordo Salib Suci. Setahun berikutnya, tahun 1920, masuk Novisiat Serikat Jesus di Mariendaal, setelah ada ijin khusus dari pembesar Serikat Jesus, karena Soegija menjadi katolik setelah dewasa.
27 September 1922, Soegija mengucapkan Triprasetya dalam Serikat Yesus. Seusai belajar filsafat di Berchmans College, Ondenbosch, Fr. Soegija pulang ke Indonesia dan ditugaskan sebagai guru di Muntilan tahun 1923. Selama di Muntilan ini Fr. Soegija juga aktif di bidang pers sebagai redaktur majalah mingguan Katolik berbahasa Jawa, Swara Tama. Tahun 1928, Berangkatlah Soegija ke Belanda untuk belajar teologi di Maastricht. Setahun kemudian, tahun 1929, untuk pertama kalinya pergi ke Roma menghadap Paus Pius XI bersama-sama dengan empat orang Jesuit dari Asia lainnya. Pada tanggal 25 dan 26 Mei 1931, Soegija resmi menerima tahbisan subdiakonat dan diakonat di Maastricht.
Seperti yang sudah aku bilang di atas, film ini karya Garin Nugroho, jadi jelas Sutradaranya Garin Nugroho.. Produser Eksekutifnya Y.I. Iswarahadi SJ. Produser ada 3 orang, Djaduk Ferianto (Kertaradjasa di Film Petualangan Sherina), Murti Hadi Wijayanto SJ, dan Tri Giovanni. Sedangkan pemainnya ada Nirwan Dewanto, Annisa Hertami Kusumastuti, Butet Kertaradjasa (kenal dong sama seniman yang satu ini), Olga Lidya (ini juga pasti kenal lah ya), Wouter Braff, dan Wouter Zweers.

Film ini ingin melukiskan kisah-kisah kemanusiaan di masa perang kemerdekaaan bangsa Indonesia (1940-1949). Adalah Soegija (diperankan Nirwan Dewanto) yang diangkat menjadi uskup pribumi dalam Gereja Katolik Indonesia. Baginya kemanusiaan itu satu, kendati berbeda bangsa, asal-usul, dan ragamnya.
Dan perang adalah kisah terpecahnya keluarga besar manusia. Ketika Jepang datang ke Indonesia (1942), Mariyem ( Annisa Hertami) terpisah dari Maryono (Abe), kakaknya. Ling Ling (Andrea Reva) terpisah dari ibunya (Olga Lydia).
Tampaknya keterpisahan itu tidak hanya dialami oleh orang-orang yang terjajah, tetapi juga oleh para penjajah. Nobuzuki (Suzuki), seorang tentara Jepang dan penganut Budhist, ia tidak pernah tega terhadap anak-anak, karena ia juga punya anak di Jepang. Robert ( Wouter Zweers), seorang tentara Belanda yang selalu merasa jadi mesin perang yang hebat, akhirnya juga disentuh hatinya oleh bayi tak berdosa yang ia temukan di medan perang. Ia pun rindu pulang, ia rindu Ibunya.
Di tengah perang pun Hendrick (Wouter Braaf) menemukan cintanya yang tetap tak mampu ia miliki karena perang. Soegija ingin menyatukan kembali kisah-kisah cinta keluarga besar kemanusiaan yang sudah terkoyak oleh kekerasan perang dan kematian.
Trailernya :


Oh iya, syuting film ini semua dilakukan di Semarang. Menurut cerita dari salah satu anak kos eyang yang asalnya dari Semarang, untuk set Gereja, itu Gereja yang dipakai Gereja Katedral Semarang. Dan biar berasa  aura jaman dulunya, itu Gereja lantainya diset selayaknya Gereja jaman dulu, lantainya dilapisi tanah lagi.. 

Nonton yuuuuuukkk~~ untuk informasi lebih jelas bisa ke website resmi film ini : http://www.soegijathemovie.com, kalau mau liat harga tiket dan ada di bioskop mana aja, bisa cek di sini : http://www.soegijathemovie.com/daftarbioskop.html

Tuesday, May 29, 2012

Selasa ini...

*waspadalah.. postingan ini didominasi oleh foto makanan.. jadi ada baiknya siapin ember, supaya iler ga netes.. ;p*
-----

dibeliin ketupat sayur Uda Pero sama eyang.. makanan ini adalah salah satu makanan ala Padang yang enak nih di Bandung... nyuuummm~~ seporsi 5 ribu aja.. isinya ketupat, sayur nangka, dan bumbu pecel! enyaaaakkk! ada yang nanya gak nih lokasi belinya dimana? di Simpang Dago, salah satu dari banyak gerobak yang bertebaran, tulisannya UDA PERO gede aja..

Ketupat Sayur Uda Pero
ada yang baru mudik dari Jogja, dia membawa oleh-oleh Bakpia dan Gudeg Yu Jum (btw, Gudegnya lupa difoto, hehehe~~).. siapakah ya yang mudik? Mas Adit, salah satu anak kos-nya eyang.. pantes deh beberapa hari ini gak melihat pergerakannya yang membuatku deg-degan.. #halah

respon eyang begitu tau nih orang abis mudik cuma 1, "laaahhh~~ nih orang kalau pergi gak bilang-bilang.. padahal kan mau nitip oleh-oleh gitu buat keluarganya..." buahahahahaha... Mas Adit dan Azis setipe.. kalau kabur diem aja nih.. gak bikin pengumuman dulu.. ;p eh tapi kalau Azis bawa oleh-olehnya lebih juara sih, biasanya perpaduan gudeg-bakpia-salak banyak banget! hahaha...

bakpia bakpia bakpia pathok... *jd inget lagunya Project P*
ada doa lingkungan.. penutupan Novena, dan bulan Rosario.. akhirnya.. dalam sebulan ini, aku rosario juga! kekekeke~~ *tutup muka*

umatnya..
dan sekalian ngerayain Mbak Mia ulang tahun.. jadi makan-makan deh! yahuuuuu~~ Mbak Mia ini anak kosnya eyang juga.. asli dari NTT, jadi tadi dia masak nasi jagung + nasi kacang.. aku masih agak rancu sih sama rasa nya nasi jagung.. jadi ya sudahlah aku tak menyentuhnya.. hahaha... mari nyanyi... "iwak peyek.. iwak peyek.. iwak peyek.. nasi jagung.." kekekeke...

ayam bakar - perkedel - kering tempe
3 jenis nasi, nasi kuning - nasi kacang - nasi jagung
urap - telur dadar - timun - sambel
dan ini penampakannya ketika disusun di piringku... berhubung rada rancu sama nasi jagung, jadi gak makan nasi jagung deh!! :D

mari makan~~~
oh iya ada beberapa snack juga, bolu kukus - pisang rebus - jeruk! itu loh jeruk yang hari Minggu kemarin aku beli sama eyang banyak banget.. hahaha.. kalau bolu kukusnya ada 2 versi, versi tepung instan (yang bentuknya ancur berat.. jadi kaya apem hahahaha), dan versi resep (yang ini bentuknya oke banget, ngebmbang~~ tp rasanya agak rancu gara-gara nyaris kekurangan sprite! hahaha).

pisang rebus.. gara-gara ini pisang, ada temen eyang yang sampe ketinggalan rompinya.. hahaha
bolu kukus, yang coklatnya warnanya terang banget, itu yang pake tepung instan.
hari ini full makanan ya.. hehehe.. kenyangnyaaaaa~~ sekian pamer makanan untuk hari ini.. dadah! :)

Sunday, May 27, 2012

Wiken lagiiii~~

Hulla! Wiken lagi.. wiken lagi.. apa kabar wikennya? baik-bahagia-menyenangkan? ya wiken ku lumayan lah.. hehehe... 

euphoria tamatnya Kdrama The King 2 Hearts dan Rooftop Prince gak membuatku berhenti nonton Kdrama ternyata... soalnya aku malah nemu kdrama baru dong.. Queen In Hyun's Man.. 

Queen In Hyun's Man
telat tau dramanya.. soalnya terakhir ngecek di IDWS, itu drama udah masuk ep 12.. jadi selama 2 hari ini, kejar tayang... donlot-nonton-donlot-nonton... dan berakhir pada kaki pegel mata pegel.. hahaha... sesaaattt.. kdrama sesaaattt! ;p

eh tapi hari ini gak ikutan sesat kok.. hari Minggu kan harinya Tuhan ya.. jadi setor muka dulu dong sama empunya hidup.. hari ini Hari Raya Pentakosta (hari turunnya Roh Kudus), jadi buat semua teman yang merayakan, selamat Pentakosta ya!! niat hati tuh mau misa 09.30 di Gereja Laurentius, tapi kunci motorku entah mendadak ngumpet di mana, jadinya misa 10.15 aja deh di Gereja Katedral. bareng eyang. dan seperti biasa, kalau pergi gereja bareng eyang, endingnya pasti mampir entah dimana.. hahahaha... 

mampir kali ini ke Toserba Yogya yang ada di Jalan Sunda. salah satu toko Yogya favorit eyang, selain yang di jalan Riau.. (di Bandung emang nama segala jalan bisa berubah jadi nama kota/suku/provinsi, kurang nama jalan negara aja, kan lucu tuh kalau ada jalan Korea, jalan Belanda.. kkk~~) di sana makan siang & belanja aja sih.. 

Nasi Rames nya Eyang -- Rp 16500 + Rp 4400 (tmbh sayur) aneh ah si Rp 4400 itu! hahaha
Pempek Lenggang Special -- Rp 12000
apapun makanannya.. minumnya tetep ini.. ~~ ehh ga segitunya kok..
salah satu sudut camilan di Yogya Supermarket
eyang beli jeruk segambreng-gambreng.. disusun buat diitung..
cucunya nyomot mie korea. niat minta 2, dibolehin cuma 1 aja.. hahaha
hasil belanjaan eyang..
eyang tampak samping~~ hehehe..
PS : oh iya, setiap aku ngikutin kdrama baru, pasti aku selalu update OST nya juga, jadi di mixpod di samping, edisinya OST 3 kdrama, hehehe.. dari TK2H, RP, dan QIHM.. lagunya enak semua.. ^___^

Wednesday, May 23, 2012

Rooftop rumah Eyang..

seharian ini cuacanya lagi cerah banget.. tumben-tumbenan loh gak hujan.. malah sekarang, pas udah jamnya orang-orang istirahat, baru ujan deh.. mendukung banget buat selimutan! hohoho..

karena seharian ini cerah, langit biru awan putih ala lagu Sherina super oke banget buat difoto-foto.. hohoho... lagi cerah.. jadi kota Bandung nya keliataaaaan... bagus banget deh.. 

itu Bandung! Bandung! agak blur soale di zoom..
beserta genteng-genteng tetangga..
tanpa genteng tetangga...
agak nginceng dikit...
pemandangan di sebelah rumah..
tapi di balik keindahan awan itu, sebenernya aku ngangkat-ngangkat cucian ke atas tuh... setumpuk seprei, yang ngantri buat temu kangen sama matahari.. hahahaha...

ini baru 3.. aslinya ada 6! hahaha...
kekekeke~~ pemandangannya....
dan pameran foto kali ini ditutup dengan keisenganku memfoto kaki sendiri.. lagi edisi kangen sama Mbak Sanya nih, biasanya kita kalau lagi gak ada kerjaan suka foto-foto di atas asbes genteng ini...

hanya kakiku aja.. 

Tuesday, May 22, 2012

Sayap ayam..

dari tadi pagi, aku tuh pengen banget beli sayap ayam (chicken wings)-nya PHD (Pizza Hut Delivery). tapi hasrat malas keluar rumah kok super membabi buta ya? padahal, itu jarak PHD ke rumah tuh gak terlalu jauh.. kalau naik motor paling 10 menit bolak balik.. kalau naik angkot pun paling cuma bayar Rp 2000 buat bolak balik.. ya tapi balik lagi, M A L E S... hahahaha...

sampai... pas jam 3 lagi nonton tivi duaan bareng Azis, ada yang tiba-tiba nyeletuk laper.. dan otak jeniusku beraksi... "pesen PHD aja yuk.. aku pengen chicken wings nih.." eh gayung bersambut.. si sepupu menerima tawaran itu dengan senang hati.. dan lebih-lebih menerima ngebayarin semua pesenannya.. horeeeeee!!!

niat hati pengen sayap ayam doang, eh dapet pizza dan kentang juga.. hahaha.. rejeki.. rejeki.. :D
niat hati pengen beli paketan lengkap yang total semua Rp 55.000, ternyata udah gak ada dong.. jadi aja beli Paket Hot Hemat B, yang pilihannya suka-suka aku aja rasa yang mana.. hahaha.. pesen Azis cuma 1, jangan beli Pizza rasa Keju, soalnya dia gak doyan... hohoho... oke deh mas-nya.. :)

Paket Hot Hemat B ~~
Pizza Super Supreme - Chicken WingStreet Honey BBQ - Potato Wedges Saus HOTmix
dan ini penampakan sepupu paling kece sejagat raya, bernama Azis, ini fotonya udah lama bener dah, tahun 2009, pas kita lagi jalan-jalan ngerayain ultah bareng sama Mbak Sanya juga.. muka aku agak blur supaya fokus fotonya ke Azis semua aja.. hahahaha... *jiah padahal emang si Mbak Sanya aja ngefotonya goyang-goyang ;p*

azis - ella @ Ciwalk Juli 2009
Sepupu kece, makasih yaaaaaa! ^____^

Sunday, May 20, 2012

Looooong Wiken...

Halo--halo Bandung ibukota periyangan... *memulai posting dengan nyanyi..* apa kabar long wikennya sodara-sodara?? :D aku jadi dong bertapa di rumah.. secara gak ada yang bisa diajak jalan dan gak punya uang.. tapi gak sepenuhnya bertapa sih, ada juga keluar rumahnya, tapi untungnya, gak kena macet.. horeeee....

Kamis
ketika orang-orang bisa bangun siang sesukanya, aku bangun pagi, ngejar misa jam 7 pagi di Katedral, trus ke rumah bapak dosen. ya gitu deh.. melakukan tugas yang gak kelar-kelar.. berhubung gak sempet sarapan dulu, jadi pulang Gereja beli Bakpao di depan Katedral, Rp 5000, niatnya dimakan sambil nunggu.. tapi berhubung mules semules-mulesnya, jadi gak abis, dan pas dibawa pulang, gepeng aja..

bakpao gepeng.. ketimpa beban hidup aku.. hahaha..
terus pas nunggu itu juga, aku sempet-sempetnya buka-buka memo yang aku bawa.. eh nemu harta karun.. replika TTD Lee Seung Gi yang waktu itu aku dapet pas Gathering di Depok.. hahaha..

sedikit jadi moodbooster.. tp tetep aja mules.. 
kebetulan juga, long wiken ini mama & temen sekantornya pada dateng. Suster Kepala kantor si mama kan mau pindah tugas ke Jogja, jadi perpisahannya dengan rekreasi ke Bandung. nginep di rumah deh.. jadi eyang mengerahkan bala bantuan buat beberes rumah. garasi juga ikutan dibersihin, jadi motor & mobil parkir di luar, dan kesempatan deh buat narsis-narsisan sama Caleb :D

ah i love this two.. senyum dua-duanya ngangenin ya? 
Jumat
pagi-pagi ke pasar sama eyang ngambil jagung.. awalnya jagung ini mau dibakar gitu buat dimakan malem-malem, tapi ujungnya boro-boro dibakar, dianggurin sih iya.. hahahaha.. ah 10kg.. gak jadi diapa-apain.. :D
di pasar juga aku sempet-sempetnya foto-foto loh.. udah lama juga gak nemenin eyang ke pasar.. kapan-kapan lagi ah...

menemani eyang belanja..
siangnya beberes kamar yang bakal dipake sama teman-temannya mama (mama gak diitung, soalnya mama tidur sama eyang.. hahaha) kamarku kinclong deh.. rapi jali.. jarang-jarang gitu loh.. ;p

tumben rapi...
dipilih dipilih.. 
eyang juga buat semacam cemilan gitu deh, rebus singkong dan pisang.. nyam nyam..

cap cip cup cemil yang mana.. 
rombongan dari tangerang sampai sekitar jam 9-an, dan mereka langsung pada bebersih (mandi,dkk) dan langsung bikin kegiatan.. muterin video perpisahan untuk suster. dan berhubung aku cukup kenal sama beberapa temennya mama, jadi begitu mereka nongol sambil ngomong di video itu, aku sibuk ngekek-ngekek sendiri.. hahaha..

Pelangi Pelangi.. 
malem itu aku ngungsinya ke kamar Mbak Sanya aja.. dia lagi mudik ke Malang.. jadi kamar kosong dan TV ga ada yang nonton.. lumayan lah.. :D ditambah lampu + cermin di kamarnya mendukung sekali untuk foto narsis. haha.. jadi sebelum tidur, mari foto-foto dulu.. ;p

kekekekekeke~~ lagi demen jg aja ama outfit malem itu.. kaos biru polos + celana olahraga SMA
Sabtu
ini seharian bertapa di rumah.. rombongan tangerang jalannya udah dari pagi.. ya kali aku ikutan.. males ah.. jadi aku di rumah, niatan mau ngerjain peer, tapi ow ow.. tivi kok begitu menggoda.. jadi aja nonton tivi, sambil waspada, kali-kali si mas gantang lewat.. dan bener.. sepanjang aku nonton tv di kamar Mbak Sanya itu, mas gantang lewat berkali-kali.. ohooo.. dirinya unyu sekali ngucek-ngucek mata karena masih ngantuk *ngeceng-nya masih semangat 45*

malam minggu ku diakhiri dengan menanti tukang @cireng_online nganter titipan mama, dan nonton tivi bareng orang-orang banyak itu. hahaha.. lempeng sekali deh ah..

cireng kece langganan ku bertaun-taun..
Minggu
nah hari minggu ini yang lumayan sibuk.. ikutan jalan-jalan.. hahaha... pas pagi dibangunin mama diajakin ke gereja, sebenernya udah males tuh, tapi mengingat dan menimbang jarang-jarang ini ya jalan sama mama.. jadilah langsung bangun, teriak, dan mandi ayam.. hahaha.. ikut misa jam 7 di Katedral. niatnya beres misa pada mau jajan-jajan tuh di kantin belakang.. tapi gak jadi, jadi tujuan selanjutnya ke Pasar Kosambi.. disana pada beli keripik, pisang, dkk, pokonya oleh-oleh deh.. dan aku beli cakue dan odading aja.. hahaha.. eh dan susu ultra coklat.. untuk sarapan.

Kosambi.. dari pisang... balon... sampe keripik!
beres dari Kosambi, kita bergerak lagi ke Kemuning, ke Prima Rasa, beli oleh-oleh juga. disana makan juga dong, siomay, dan mie ayam hotplate bagi 2 sama Bu Sri. itu sarapan beurat..

Siomay.. gak ada kolnya ih.. ih.. 
mie ayam hotplate yang udah pindah ke mangkok..
eh pas kelar makan, Pak Agus (guru akuntansi waktu SMA, sekarang jadi temen sekantor merangkap sohibnya mama), dateng-dateng bawa es duren.. hahahaha.. padahal paginya pas aku ngomong pengen es duren itu becanda doang loh.. taunya dibeliin! hahaha.. emang deh.. pak guru yang satu ini paling juara! :D

es duren dari pak guru.. hihihi
di Primarasa mama ga beli apa-apa, jadi kita duduk-duduk aja dan foto-foto aja..

aku dan mama.. beda ya kualitas fotonya.. yg kiri pake BB si mama, yg kanan pake android aku.. *anti BB mode : on*
beres dari Kemuning, kita bergerak ke FO di jalan Riau. disana keluar masuk tak jelas.. dan disana sempet makan lagi di Heritage Cafe. aku beli Fish & Chips yang porsinya seuprit, si mama beli nasi goreng kampung yang rasanya gak ada.. hahaha..

Fish & Chips seharga 21rb dengan porsi sekenanya..
Nasi Goreng Kampung seharga 16rb dengan rasa sekenanya..
trus udah deh.. jalan-jalan mereka semua di Bandung berakhir di jalan Riau. aku sih lanjut mampir ke BEC ngambil kartu member Veneta, dan beli SD Card & capdase si mini.. hahaha.. nah loh.. abis punya duit boke lagi dah.. :D

bawaan dari BEC..
tadi sampai rumah sekitar jam 3-an.. setelah siang bolong panasnya gak santai.. eh ternyata jam 3-an diademin sama ujan deres..

rumahnya sepi lagi deh.. balik lagi ke kamar asli.. ga bisa lagi deh nonton tv lagi sebelum tidur.. plus ga bisa lagi deh merhatin si mas gantang kalau lagi lewat.. hahaha.. niatnya busuk bener deh...

Cao semuanya.. selamat menghadapi weekday lagi... ^___^

Thursday, May 17, 2012

Yesus Naik ke Sorga

Allah telah naik, diiringi sorak sorai..
Tuhan mengangkasa, diiringi bunyi sangkakala..

Selamat Hari Raya Kenaikan Tuhan! 

PS : Selamat Long Weekend juga semuanya! haduh... Bandung penuh plat B haduh... *siap bertapa di rumah*

Saturday, May 12, 2012

Perkara panggilan..

rumah eyangku ini kan jadi tempat kos ya.. dan rata-rata anak kosnya pun usianya gak terlampau jauh sama usiaku... nah kekoplakan pun mulai terjadi terkait dengan panggilan ini..

1. Mbak Mia.
usia seumuran sama Pakdeku, anak sulungnya Eyang. tapi Eyang biasa manggilnya Mbak Mia, trus tante-tanteku dan semua anak kos yang lain manggilnya Mbak Mia juga. seharusnya aku manggilnya setingkat di atas Mbak gitu ya, soalnya kan usianya lebih tua dari mama.. tapi ya gimana.. udah kebiasaan.. dan toh yang dipanggil juga seneng-seneng aja dipanggil Mbak.. hihihi..

2. Mbak Sanya & Mas Adit & Ko Felix
nih orang bertiga selisih umurnya deket-deketan dan deket juga sama umurku.. tapi ini tiga-tiganya manggil Eyang dengan sebutan Ibu.. *tepok-tepok jidat* jadi apakah aku harus memanggil mereka dengan sebutan tante & om? hahahaha... belum lagi Eyang koplaknya lagi kumat, Caleb (3tahun) biasa manggil aku dan Mbak Sanya dengan sebutan Mbak, trus Ko Felix dengan sebutan Koko, eh pas Caleb kenalan sama Mas Adit, eyang membiasakan Caleb manggil Mas Adit dengan sebutan Om! huahahahaha.. ngakak guling-guling. Ada yang salah.. ada yang salah.. hahaha..

itu kan terkait di kosan, nah sekarang di keluarga.

kalau di keluarga papa, karena kita semua Jawa tulen, jadi panggilan normal antar sepupu ya Mas - Mbak. dan aku dari kecil dibiasakan dipanggil "Dek" oleh simbah & keluarga yang lain.. baru deh tahta Mbak nya diakui oleh adik sendiri.. ahahha...

ini dia silsilah panggilan kalau di keluarga papa.. yg dikasih '...' itu artinya mereka lebih muda dari aku. harusnya aku yang siap dipanggil Dek, tapi mereka gak nyaman kali ya manggil aku 'dek', jadi yang dengan lugas dan lantang manggil dek cuma simbah, budhe, om, dan Mbak Dewi aja..

Foto keluarga terakhir di 2010
Pakde Agus - Budhe Yanti - Mbak Dewi - 'Mbak' Tia
Pakde Narto - Budhe Mamik - 'Mas' Agung - 'Mbak' Martha - 'Mas' Adi
Papa - Mama - Aku - Mas Eggy
Om Sentot - Bulik Etik - Kak Sinta - Kak Laras
Om Rius - Bulik Wanti - Dek Katrin

kalau di keluarga mama, udah runyek nih adatnya.. Jawa, tapi udah nyampur-nyampur.. hahaha.. di keluarga ini aku dituakan dan satu-satunya yang dipanggil 'Mbak'.. derajat sering disamakan dengan mbak-mbak PRT. aaaaah... nasipku malang nian..

Foto keluarga terakhir kali sebelum eyang kakung pulang ke surga.. ^__^
Pakde Prie - Tante Ledya - 'Kak' Citta - 'Kak' Bunga - 'Kak' Bagas
Papa - Mama - Aku - Eggy
Om Leo - Tante Vivi - Mas Alvin - Kak Aurel
Tante Utin
Paman Acai - Tante Ina - Cici Nirel - Caleb

nah kan panggilannya beda-beda kan.. Mbak-nya cuma aku seorang.. itu juga suka diplesetin jadi 'Mbek' sama Caleb.. ooooh nasipku... aaaaah...

bocah dengan tampang tak berdosa setelah manggil "mbek"