Tuesday, November 15, 2011

makaroni

udah beberapa hari ini nih gw keranjingan sama makaroni. ya makaroni pasta yang buat makan berat, ya makaroni kering yang buat dicemilin.. huahahahaha.. :D

kalau kedoyanan akan makaroni cemilan sih bermula dari 2 tahun lalu. waktu gw masih les EF. jadi di tempat les gw itu, ada semacam pojok jajan gitu.. jadi kita bisa beli cemilan di sana. dan makaroninya ENYAK BUANGET! pedes pedes manis gitu. gw tiap les, pasti beli. huahahaha.. makanya pas gw memutuskan udahan lesnya, satu hal yang gw sedihkan adalah kehilangan kebiasaan nyamil makaroni enak..

sampai sekarang gw belum nemu makaroni yang rasanya mendekati itu.. :( jadinya kalau kangen nyemil makaroni, beli apa adanya aja deh.. biasanya beli di toko langganan keripik nya eyang di Pasar Baru.. cuma,  ke Pasar Baru nya udah jarang dan jauh pula.. jadinya cukup beli di Pasar Simpang aja. 1/4 kilo Rp 7000.

nah kalau perkara pasta.. gw sih emang suka. cuma intensitas makannya gak terlalu sering. paling banter ya makaroni schottel buatan tante gw... kalau fussili atau fetucini, suka makan di Podjok Kopi (tempat makan seberang kampus).. kalau pasta semacam spaghetti sih, doyan bikin sendiri, cuma ya palingan yang rasa standar bolognaise aja.. itu juga pake bumbu yang udah tinggal cemplung..

beberapa hari lalu, gw lagi laper tapi gak jelas mau makan apaan. mau masak korea-koreaan (tteokboki/bibimbap/kimbap/ramyeon), lagi bosen. trus pas liat-liat si eyang punya bahan makanan apa, gw kepikiran bikin makaroni! langsung googling dong.. dan nemu resepnya di detikFood! yum yum.. akhirnya hari sabtu kemaren masak deh! 

resep aslinya dari sini : Resep Pasta Makaroni Sosis

Bahan:
1 sdm mentega
30 g bawang Bombay, cincang
1 buah sosis sapi, potong-potong >> gw ganti pakai sosis ayam
1 sdm tepung terigu
250 ml susu segar >> gak punya susu segar, jadi pake susu kental manis vanilla
150 g makaroni kering, rebus hingga lunak
2 sdm kacang polong beku >> gak punya, jadi gak pake deh..
2 sdm keju cheddar parut
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk >> kayanya eyang ada, tapi gw gak pake.
1 sdt garam
Taburan:
1 sdm keju cheddar parut
Pelengkap:
Sayap ayam goreng >> gak pake.
Buah segar >> gak pake.
Cara membuat:
  • Tumis bawang Bombay hingga layu.
  • Masukkan sosis, aduk hingga kaku.
  • Taburi tepung terigu, aduk rata.
  • Tuangi susu, aduk hingga mendidih.
  • Masukkan makaroni, kacang polong, keju dan bumbu.
  • Didihkan hingga mendidih dan kental.
  • Angkat, taburi keju
  • Sajikan dengan Pelengkapnya.
untuk 2 orang
cr : detikFood


enak loh ternyata.. hihihi... kemarin gw masaknya kebanyakan, jadi begitu mulai eneg, langsung maksa diabisin.. trus tadi pagi, gw bikin lagi. masaknya bareng mbak sanya, cuma tadi bawang bombaynya agak gosong dan susunya terlalu kental. tapi tetep enak kok.. hihihi, jadi suka masak gini ya gw.. :D

pengen bikin makaroni schottel sendiri nih.. cuma agak rempong persiapannya.. soalnya oven si eyang kan yang jadul gitu, jadi kudu masaknya di atas kompor.. hmm.. 

4 comments:

  1. nyan nyam nyam... enak,....


    OOT: ikutin kontes pertama yang gw bikin yuk >> http://immanuels-notes.blogspot.com/2011/11/give-away-pertama.html

    ReplyDelete
  2. Wow. :)

    Buat saya ya, makaroni atau spaghetti aja (segala jenis pasta deh), direbus dan dikasih keju udah cukup. LOL ^^

    ReplyDelete
  3. @nuellubis, iyaaa enak.. eh udah ikutan tuh.. hihihi.. jd panjang postingannya.. :D

    @asop, asin doang dong?

    ReplyDelete
  4. kebetulan nih ada stok susu udah dari 2 minggu yg lalu dibuka tp blom abis (yabes beli 2 liter deh si Abi, begitu abes 1 liter pertama, dese mules....). kalo susunya masih baik, aku mau bikin ini deh. ntr aku tambahin oregano ama parsley juga (kebetulan emang ada stok) :D btw, ini resep mirip ama saus pasta yg namanya carbonara deh. aku pernah tulis disini:

    http://herkitchen.wordpress.com/2009/03/10/pasta-saus-carbonara/

    ReplyDelete