Sunday, November 20, 2011

Domba di sebelah Kanan...

mau nulis Homili dulu ya.. mumpung masih agak gres inget di kepala... :)
hari ini gw ikut misa di Gereja Laurentius Sukajadi. misa setengah 10. alasan utamanya sih, karena bangun jam 8, hehehe... plus ngejar jam 12 harus udah sampe rumah (mau nonton Music Bank di tv lele terbang). 

Minggu depan udah Minggu Adven I aja, sekaligus masuk tahun Ekaristi. nah hari Minggu ini merupakan Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Semesta Alam. 

topik Injilnya masih sama kaya 3 minggu sebelumnya.. masih bahas soal pengadilan terakhir.. soal pertanggungjawaban kita kepada Tuhan.. jadi keinget sesuatu, setiap awal November tuh, selalu ada perayaan buat arwah orang meninggal.. sepertinya peringatan itu, terinspirasi dari bacaan selama sebulan ya... :D

bacaan Injil diambil dari Matius 25:31-46 yang seperti tadi gw bilang.. cerita tentang pengadilan terakhir.. si pengadilan ini diibaratkan dengan seorang gembala dan binatang-binatang peliharaannya.. si gembala bakal misahin binatangnya, yang domba di sebelah kanan, dan yang kambing di sebelah kiri. trus si gembala itu ibarat seorang Raja, yang akan mengajak orang yang ada di sebelah kanannya untuk turut dalam kebahagiaan abadi bersamaNya, sedangkan yang di sebelah kiri akan disuruh masuk ke dalam gelap yang paling gelap... ya simpelnya yang kanan masuk surga, yang kiri masuk neraka... 

yang kasih homili tuh Pst Bogaartz, salah satu Pastur yang jadi bukti perjalanan iman gw. pastur ini yang ngasih misa di komuni pertama gw.. :) jadi aja inget terus.. 

perkara kiri dan kanan.. ternyata di bahasa latin, kanan itu diartikan sama dengan terang (maaf gw lupa apa kata-katanya), sedangkan kiri diartikan dengan gelap. bacaan Injil ini mengingatkan manusia, kalau di pengadilan terakhir nanti, kita gak akan ditanya "pengikut siapa? yesus? nabi muhamad SAW? budha?" tapi kita akan ditanya.. "apa yang dibuat di dunia??" "udah belum memperhatikan sesama?"

intinya mah, jangan hanya menutup diri.. jangan maunya suci diri, yang rajin ke gereja, tapi gak mau liat apa yang terjadi di sekitar kita... ya ke gereja penting.. untuk ngingetin lagi, apa yang harus kita lakukan di luar gereja.. jadi semua harus seimbang.. supaya pas dilaporin nanti ke Tuhan, kita boleh jadi domba.. dan boleh duduk di sebelah kanan... :)

PS : 
Post sebelumnya tentang homili...
23 oktober 2011 - cinta pake cinta
29 oktober 2011 - borok & rendah hati

No comments:

Post a Comment