Sunday, February 12, 2012

4 tahun eyang kakung..

tanggal 08 Februari lalu, tepat 4 tahun "pulang"nya eyang kakung ke rumah abadi di surga.. seperti yang sudah-sudah, kita selalu ngadain misa buat eyang kakung.. dua kali setahun.. di tanggal ultahnya (25 Oktober) dan di tanggal meninggalnya (08 Februari).. dan gak kerasa, udah 4 tahun aja.. rasanya kaya belum lama aja, gw masih serumah ama eyang kakung.. ngeliatin si eyang nonton tutur tinular di tv... *kkk~ jadul bener seleranya ye..* dan pas masuk rumah sakit, gw dateng tiap sore, bilang biar eyang cepet pulang.. pulang sih eyangnya.. tapi ke surga.. :)

ajang misa peringatan eyang ini, jadi ajang anak-anak eyang kumpul.. ya gw kan pernah cerita juga ya, kalau keluarga mama gw ini hobi bener ngumpul.. jadi selain Natal, Paskah, dan libur sekolah, misa buat eyang kakung juga jadi jadwal anak-anaknya buat kumpul bareng.. 

karena tanggal 8 bulan ini jatuhnya tengah-tengah minggu, jadi misanya diadakan di hari Sabtu kemarin.. 

paginya nyekar dulu ke makam eyang kakung di daerah Pasteur sono, namanya TPU Pandu. udah agak siang ke sononya, jadi perpaduan antara silau dan panas menghitamkan kulit gw yang sudah hitam ini.. hahaha... biasa deh, di sana sirem-sirem air (ini kebiasaan orang jawa yang entah gw ga ngerti apa esensinya.. biar adem kali ya..), tabur-tabur bunga, berdoa, dan foto-foto! #eh iya dong foto-foto.. tante gw bawa DSLR gitu.. mari manfaatkan! kkk~

tabur-tabur, berdoa, gaya.. kkk~
3 generasi berpipi tembem.. gw - mama - eyang putri
poto lagiii...
eyang and the girls... coba-coba mirip gak? senyumnya sama.. pipinya apalagi.. kkk~
eyang, the girls, dan the ekors.. hahaha..
balik dari makam, si eyang di drop di deket angkot karena mau langsung pulang.. sedangkan anak-anaknya heboh cari sarapan.. haha.. tetep jajan! trus mama + papa + eggy ke bengkel, karena jendela mobil mampet ga bisa ditutup. sedangkan gw + 2 tante + aurel ke salon... creambath! pokonya sepanjang di salon dismsin mulu suruh pulang kalau udah beres.. soalnya kata paman gw, di rumah si eyang udah rusuh sendiri.. kkk~ gak aneh. ;p

biasa deh, nganterin makanan ke tetangga.. berhubung sepupu-sepupu gw udah pada SD dan udah pada bisa disuruh-suruh, jadi gw bagian yang nyuruh-nyuruh deh.. hahaha.. sembari ngikutin dari belakang.. dan kocaknya nih bocah-bocah bilang "dari eyang..." tapi ga sebut eyang siapa.. haiaah.. ya kali... emang sekompleks (yang jumlah rumahnya sedikit ini) eyang tuh cuma eyang kita aja? hahaha..

anter makanan ke tetangga..
eh trus malah kedatengan tetangga depan rumah.. kebetulan mereka lagi pada ke Bandung, dan abis dianter makanan, langsung pada salim-salim ke rumah.. heboh deh..

kedatangan tetangga depan..
jam 5 misa deh.. yang mimpin pastor Sahid, pastor keluarga banget deh.. sohiban ama eyang dari jaman kapan tau. Pastor Sahid ini juga yang memberkati sakramen perkawinan mama & papa, tante vivi & om leo, serta yang membaptis gw! tuh kan.. pastor keluarga banget.. kkk~ sekalian deh ya, tar kalau gw kawin, nih pastor aja gitu yang memberkati? ehehe.. *kawin ama sape la? jomblo juga.. hahaha*

pastor Sahid ini tipe pastor ngocol! bener-bener ngocol. dan dia bilang gini "udah 4 tahun.. masa arwahnya masih mau minta diampuni? emang Tuhan sejahat itu ya gak mau ngampuni dosa??" jadi intinya, misa arwah itu, bukan semata-mata minta pengampunan buat orang yang udah ga ada, tapi, dijadikan semacam pengingat buat kita yang masih hidup.. supaya hubungan kita dengan Tuhan jadi lebih baik lagi.. dan tentunya, tetap mengingat semangat serta warisan yang ditinggalkan oleh orang yang udah ga ada tersebut. intinya lagi : inget semangat hidup eyang kakung.. :)

misa.
abis misa, makan!! hahaha... sebenernya menu nya ada sayur selain tomyam, tapi gw telat fotonya.. udah abis baru deh gw foto.. jadi yang tersisa hanya tomyam, nasi, dan dus snack.. isi snacknya, lupa gw foto.. ahhaha.. tapi seinget gw sih ada lemper, risoles, nagasari (kue basah) isi pisang. lemper & risoles bikin sendiri.. lemper hasta karya si mbak anis & bibi..sedangkan risolesnya hasta karya tangan gw, mama, eyang, tante utin, mbak sanya, dan mbak mia, serta sentuhan goreng-goreng oleh mbak anis dan bibi juga.. hahaha...

makanan..
ngantri makan..
dan sisanya.. foto-foto bersama siapa aja yang bisa difoto.. tetep dong.. ada DSLR nganggur.. harus dimanfaatkan! hahaha... artis of the day nya Caleb.. sapa lagi.. sejauh ini, dia bocah terimut di keluarga, dan satu-satunya cucu yang belum sempet kenal eyang kakung sama sekali.. tapi kalau kata eyang putri dan semua yang kenal eyang kakung, si Caleb ini kaya eyang kakung.. bukan mukanya jelas.. muka dia cina begitu.. huahahaha.. tapi bentuk batok kepalanya.. guede!!! :D

Caleb... 
poto dulu ah sama artisnya.. 
foto sesi sembarang apa aja deh.. #apa sih ini
dan ini foto eyang kakung.. foto ini diambil di tahun 2005/2006 gitu deh kalau gak salah.. gw gak nyimpen foto masa muda eyang kakung di laptop.. jadi lain waktu aja deh nunjukin foto jadulnya..

eyang kakung
caaaoo~

14 comments:

  1. wuih, asyik ya kumpul keluarga sambil misa mendoakan eyang gitu, ada DLSR pula :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. jadi rame.. pas pada pulang langsung deh rumahnya sepi lagi.. :(

      Delete
  2. seru yak acaranya, gue yakin eyang kakung juga seneng ngeliat keluarganya kumpul bahagia gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu seru.. apalagi kalau eyang putri uda mulai hectic dan ngomel2.. hahaha.. :P

      Delete
  3. eh desember kemaren juga 4 th nya kakek gua meninggal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya sesama kakek lagi ngerumpi tuh di surga,, hehehe. :D

      Delete
  4. *Tos* keluarga mamaku juga keluarga pipi tembem :P #PentingBangetDibahas ahahahaha.
    Btw, rame yah acaranya misanya. Enak dong bisa sekalian kumpul2 dan makan2. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kkk~ hidup pipi tembem!! hehehe..
      kebanyakan masak sendiri sih, trus karena makannya belakangan.. jd keabisan deh.. tinggal sisa-sisa. hahaha...

      Delete
  5. Huaaaa... mirip2 banget ya kamu sama mama+eyang putrinya.. Aku lebih mirip ke keluarga bokap daripada nyokap... Tapi seruuu keliatannya ngumpul2 gitu.. Foto kakeknya terlihat ceria sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang2 keluarga mama ku ini suka pada jahat..
      bilangnya aku lebih mirip keluarga papa gara2 lebih item & kriting.. kkk~

      iya itu eyang kakung pas difoto wajahnya seneng banget.. :D

      Delete
  6. kalau aku manggilnya datok el.. maklum orang melayu :D dan dia meninggal aku masih kecil banget, jaman-jaman masih SD deh kayaknya. udah lebih dari 10 tahun (ketawan tuanya deh :P ) Kalau ngadain tahlilannya cuma pas meninggal dalam tanggalan arab. Tanggal 12 Syawal, jadi pas idul fitri, pas semuanya bisa kumpul :D

    Aaahh mudah2an mereka udah tenang disana yak, dan dapat tempat yang indah di sisinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10 tahun lalu aku jg masih SD kok kak.. kkk~
      beda dikit lah ya umur kita.. :D
      dulu pas 1000 hari sempet ngitung pake tanggalan jawa..
      tar kayanya nunggu berapa ribu hr lagi jg deh.. cm ga tau brpnya.. hehhe...

      iya. kayanya udah kenalan deh datoknya kak niee sama eyang kakung aku.. :)

      Delete
  7. Haii Ella, salam kenal jugaaa.. Tks yah udah berkunjung ke blog aku, langsung aku blogwalking kesini dan nemu tulisan ini :))

    Eyang kakung aku juga udah meninggal tahun 2005. Sekarang kalau Natalan di rumah eyang sepiii, tinggal eyang putri aja. Nggak ada yang suka ngelawak lagi :'( *lap airmata*

    Tapi ngeliat foto-fotonya cihuy banget ya ngumpul rame-rame gitu, seruuuu!! Plus makan-makan pulak, hahaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama kak.. :)

      cup cup.. aku udah 2taunan ini selama di Bandung tidur di kamarnya eyang kakung.. tp bener2 aku rombak dalemnya biar ga ndadak kangen eyang kakung.. hehehe.. :D

      kalo ngumpul emang slalu menyenangkan.. :D

      Delete