Saturday, August 29, 2020

Cerita Vaksin AAP Jr

Hai blog yang terlalu lama berdebu.. terakhir posting soal biaya RS tempat AAP Jr lahir, trus tau-tau akhir bulan lalu anaknya udah ulang tahun kedua... lah berarti udah selama itu aku ga nulis disini.. hahaha... jadi mari memulai tulisan kali ini tentang vaksinnya AAP Jr..

Aku dan suami mengikuti aturan vaksin ikut IDAI (https://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-2017), jadi sebisa mungkin apa yang ada di tabel itu, ya kami kasih untuk AAP Jr, karena prinsip kami, vaksin adalah salah satu bentuk bekal kesehatan untuk AAP Jr kelak.. selagi ada rejeki, ya mari anaknya dikasih vaksin...

Pengalaman vaksin nya cuma di 2 tempat, di RS Hermina Bekasi & Rumah Vaksinasi Bekasi. 

Kalau di RS sempet jaman daftar dokter harus via Whatsapp, sampai akhirnya bisa pakai aplikasi. Sedangkan di Rumah Vaksin sempet daftar yang harus datang pagi tulis nama dulu di pintu depan, trus baru datang lagi jam 9 pagi (pas dia buka), sampai akhirnya sekarang bisa pakai google drive dan udh langsung tahu harus datang jam berapa.

 Soal harga, RV relatif lebih murah, dan menurutku lebih aman karena ya ketemunya cuma sama anak/orang dewasa yang posisinya sehat untuk vaksin. 

untuk vaksin yang wajib dari pemerintah, selama 1-6 bulan karena masih rajin ke RS, jd vaksinnya subsidi pemerintah bayar Rp 1, sisanya cm bayar admin & dokter.. tapi setelah 6 bulan kan vaksin wajibnya udahan tuh, jadi putar haluan ke RV aja yang lebih murah.. hehehe...


Nah ini catatan vaksin nya AAP Jr, akan diupdate kalau ada tambahan lagi ya.

1. Hepatitis B - Engerix-B - 31 Juli 2018

2. Polio tetes 0 - 01 Agustus 2018

3. BCG - 01 September 2018; vaksin yang kutahu bakal bikin bekas seumur hidup buat AAP Jr, kami minta sama dokternya supaya disuntik di paha bawah jangan di lengan.. hehe...

4. DPT 1 - Pentabio & Polio tetes 1 - 29 September 2018; kami ambil vaksin yang panas, karena kalau di RS disubsidi, jadi cm bayar biaya dokter aja. hehe.. persiapan sblm demam nya heboh deh, dari beli plester demam, beli oil2 yg katanya bisa menurunkan panas, sampai peluk2 AAP Jr skin to skin..

5. PCV 1 - Synflorix - 29 September 2018; waktu milih vaksin ini sempat galau, mau yg strain 10 atau 13, karena sepupunya AAP Jr dikasih strain 13, tp setelah tanya dokter kalau strain 10 jg ga masalah, jadi kami kasih aja strain 10..

6. Rotavirus 1 - Rotarix - 01 Desember 2018; tadinya ga mau ambil vaksin ini, tapi efek bergaul di ruang laktasi dan ada pengalaman salah satu anak yg pas kena diare ditanya sudah vaksin ini atau belum, jadilah~ AAP Jr divaksin ini.. sebenernya agak telat, seharusnya bisa pakai yg 3 kali vaksin, tapi karena telat, jd pakai yg dosis 2 kali vaksin saja..

7. DPT 2 - Pentabio - 01 Desember 2018; ulangan DPT, siap2 demam lagi, dan rutinitas penghalau demamnya diulang lagi.. 

8. Polio tetes 2 & Rotavirus 2 - Rotarix & PCV 2 - Synflorix - 05 Januari 2019; 

9. DPT 3 - Pentabio & PCV 3 - Synflorix - 09 Februari 2019;

9. MR - 04 Mei 2020 ;

10. Influenza 1 - Fluquandri - 22 Juni 2020; sekalian mama papa nya ikut vaksin Flu juga. 

11. Influenza 2 - Fluquandri & PCV 4 - Synflorix - 27 Juli 2019;

12. MMR & Varicella - 02 Nov 2019;

13. DPT 4 - Pentabio - 22 Februari 2020; tamat DPT nya, sampai jumpa nanti pas TK haha...

14. Influenza ulang tiap tahun - Fluquandri - 08 Agustus 2020;

15. Hepatitis A - Havrix Junior Dose - 29 Agustus 2020

....

 dan masih akan bersambung... >,<